Reading

3:59 AM


 Reading
 



􀂷 STANDAR KOMPETENSI

Siswa mampu memahami makna teks tulis interpersonal maupun transaksional dalam bentuk Teks
Recount/Narrative, Report/Descriptive dan Procedure.
1. Recount / Narrative:
Teks yang isinya menceritakan kembali (retell) kejadian di masa lampau. Teks ini biasanya menggunakan
tenses ‘past’.
2. Report / Descriptive:
Teks yang menjelaskan atau mendiskripsikan tentang sesuatu, biasanya menggunakan tenses ‘present’.
3. Procedure:
Teks yang isinya berupa prosedur atau proses dan urutan terjadinya sesuatu. Biasanya menggunakan
tenses ‘present’.

RUANG LINGKUP MATERI
Siswa mampu memahami teks fungsional pendek yang berbentuk Recount/Narrative, Report/Descriptive dan Procedure, meliputi:
1. Menemukan gambaran umum (general idea)
2. Menemukan pikiran utama (main idea)
3. Menemukan informasi rinci tertentu (specific information)
4. Menemukan informasi tersurat (reference) dan tersirat (inference)
5. Menfsirkan kata, frase atau kalimat dalam teks.

Catatan: Teks Fungsional adalah teks bentuk khusus dengan fungsi tertentu.
Misalnya: pengumuman, iklan, label, surat dan grafik/tabel.

Contoh Pertanyaan Berdasarkan Ruang Lingkup Materi
1. Menemukan gambaran umum.
Pertanyaan biasanya berupa judul dan topic bacaan.
Contoh:         1. What does paragraph 2 talk about?
        2. The text tells us about ______.

2. Menemukan Pikiran utama.
Pertanyaan berkaitan dengan penjelasan atau pendapat penulis tentang topic bacaan. Pikiran utama bisa
didapat dari kalimat utama. Kalimat utama ada di awal, ditengah atau di akhir paragraph / teks. Pikiran utama juga bisa berupa kesimpulan dari kalimat-kalimat dalam paragraf / teks.
Contoh:         1. What is the main idea of the text?
        2. Based on the text, we may conclude that ______.
3. Menemukan informasi rinci.
Informasi yang tidak tertera secara jelas pada teks bacaan. Untuk menemukan informasi ini, harus
membaca teks secara rinci atau intensif (intensive reading).
Contoh:     1. Which statement is NOT TRUE according to the text?
    2. How many children does she have?

4. Menemukan informasi tersurat dan tersirat.
Informasi tersurat: Informasi yang tertera jelas atau langsung dalam teks bacaan
Informasi tersirat: Informasi yang tidak tertera jelas, tetapi bisa didapat dari menyimpulkan bagian-bagian tertentu dalam teks bacaan (reading between the lines).
Contoh:     1. The graphic shows that ______.
    2. Where does the conversation take place?

5. Menafsirkan kata, frase atau kalimat dalam teks.
    Pertanyaan biasanya berupa:
    Persamaan arti ( synonym)
    Lawan kata ( antonym/opposite)
    Definisi / pengertian (definition)
    Rujukan / Acuan (reference)
Contoh: 1. What is the synonym of the underlined word?
    2. What does ‘it’ (in paragraph 1) refer to?

LATIHAN DAN PEMBAHASAN

Bicycles are very popular today. Many people use bicycles for exercise. But exercise is only one of the reasons why bicycles are popular. Another reason is money. Bicycles are not expensive to buy. They do not need gas to make them go. They are also easy and cheap to fix. In cities, many people like bicycles better than cars. By bicycles, they never have to wait in traffic. They also do not have to find 
a place to park. Finally, bicycles do not cause any pollution.

1. What is the main idea of the paragraph?
A. Bicycles are very popular today
B. Bicycles are not expensive
C. Many people like bicycles
D. Bicycles do not cause any pollution

PEMBAHASAN: Pertanyaan menemukan Pikiran Utama (main Idea). Yang menjadi pikiran utama adalah pilihan A (bicycles are very popular today). Pikiran Utama tersebut terdapat di kalimat utama yang berada di awal paragraph. Pilihan yang lain, merupakan kalimat-kalimat penjelas atau pendukung kalimat utama.
JAWAB: A

2. “Bicycles are very popular today” (line 1). The closest    meaning of the underlined word is ______.
A. interesting
B. comfortable
C. famous
D. wonderful

PEMBAHASAN: Pertanyaan menafsirkan makna kata. Arti yang paling dekat (synonym) dengan “popular”
adalah “famous” (terkenal).
JAWAB: C

My father died of cancer five years ago when I was three years old. He left my mother and me, their only boy. Last year my mother married Mr. Daud. He was a widower and he had got two children, Andi and Siska. Mr. Daud now becomes my step father. Andi and Siska
become my step brother and step sister. Both of them are older than me. We live happily in my step father’s house. Now, we are waiting for the birth of my mother’s baby.

3. What is the relationship between the writer, Andi and Siska?
A. The writer is Andi and Siska’s children
B. The writer is Andi and Siska’s step brother
C. Andi and Siska are the writer’s brother and sister
D. Andi and Siska are the writer’s cousins

PEMBAHASAN: Pertanyaan Informasi Rinci. Informasi tersebut tidak tertera jelas dalam teks. Untuk
menemukannya, baca secara rinci (baris 4 & 5).
JAWAB: B

4. “He was a widower…” (line 3) What does “he” in the sentence refer to?
The writer
B. The only boy
C. The writer’s father
D. Mr. Daud

Pembahasan: Pertanyaan menentukan Rujukan Kata. Kata “he” merujuk atau menggantikan Mr. Daud.
JAWAB: D







                                                                                         17 Derriford Road
                                                                                         Beverly Hills
                                                                                         May 21, 2017
Dear Dony,

    I was pleased to get your latest letter. I enjoyed reading it. Thanks a lot. Hope to get another one soon.
    My parents and I are planning to spend this summer holiday in Malaysia and Indonesia.
We have heard a lot about Malaysia, but not much about Indonesia. So could you tell us more
about Indonesia? We particularly want information about the main tourist destinations with
their places of interest.
    That’s all for now. I’m looking forward to hearing from you soon. My best regards to your
parents. Bye.
                                                                                                      Best wishes,
                                                                                                      Bruce



5. What does the letter mostly talk about?
A. A planning to spend the summer holiday in Malaysia
B. Dony wanted some information about Malaysia and Indonesia
C. A request for some information about tourist destinations in Indonesia
D. Bruce informed some places of interest for tourist destinations in Indonesia

PEMBAHASAN: Pertanyaan menemukan Topik (intisari) bacaan. Berdasarkan pada paragraf 2, maka bisa diambil kesimpulan bahwa surat tersebut topiknya adalah Bruce meminta informasi
tentang tempat-tempat wisata atau persinggahan turis (tourist destinations) di Indonesia.
 JAWAB: C

6. “I was pleased to get your latest letter (paragraph 1). What is the synonym of the underlined word?
A. Glad
B. Sad
C. Disappointed
D. Unhappy

PEMBAHASAN: Pertanyaan menafsirkan makna kata, berupa ’synonym’ (persamaan arti). ‘Synonym’ dari “pleased” adalah “glad” (gembira).
JAWAB: A

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments