Biasanya seseorang bila ingin memasarkan
produk, jasa, atau lawangan kerja melalui iklan. Iklan dalam bahasa inggris
biasa disebut advertisement.
Pengertian
Advertisement (
iklan ) is a text that has the objective to announce a something that appeals
to many poeple and that adds a well known product in all public.
Advertisement ( iklan ) adalah teks yang
memiliki tujuan untuk mengumumkan sebuah sesuatu agar menarik bagi banyak orang
dan agar suatu produk bertambah terkenal di semua kalangan umum. Iklan bisa
berupa tulisan pendek, gambar maupun film pendek, iklan bisa dibuat untuk
mempromosikan barang untuk dijual, jasa, lowongan kerja, rumah, dan lain-lain.
Iklan biasanya di pasang di televisi, spanduk, radio, surat kabar, maupun media
massa.
Purpose of advertisement
The purpose of
the advertisement is to announce/advert about a case or a public, or in other
words to introduce a product to the public in order to buy and attracted to the
product being advertised.
Tujuan iklan
adalah untuk mengumumkan/mengiklankan tentang suatu hal atau produk kepada
masyarakat atau dalam kata lain untuk mengenalkan produk ke masyarakat agar
dapat membeli dan tertarik kepada produk yang di iklankan. Secara konseptual,
tujuan periklanan pada umumny digolongkan menjadi 3 yaitu :
1.Informative Advertising ( periklanan informatif ), digunakan pada saat suatu kategori produk yang baru mulai diperkenalkan, tujuannya adalah membangun permintaan awal.
2.Persuasive Advertising ( periklanan persuasif ), digunakan untuk membangun permintaan selektif akan suatu merek dengan cara meyakinkan konsumen bahwa merek tersebut adalah merek terbaik di kelasnya.
3.Reminder Advertising (iklan pengingat ), digunakan untuk menjaga agar konsumen tetap mengingat suatu produk.
Iklan memiliki
beberapa fungsi yaitu :
-Memberikan informasi
Periklanan
dapat menambah nilai pada suatu barang dan memberikan informasi kepada
konsumen.
-Membujuk atau mempengaruhi
Iklan akan
membuat konsumen terpengaruh akan barang atau jasa yang diiklankan dengan
kata-kata menarik dalam iklan tersebut.
-Menciptakan kesan tertentu
Dengan sebuah
iklan, orang akan mempunyai suatu kesan tertentu tentang apa yang diiklankan.
-Memuaskan keinginan
Periklanan merupakan
suatu alat yang bisa dipakai untuk mencapai tujuan, dan tujuan itu sendiri
berupa pertukaran yang saling memuaskan.
-Alat komunikasi
Periklanan
dapat menjadi alat komunikasi antara penjual dan pembeli secara tidak langsung.
Strcture of advertisement
Title
Bagian dari
advertisement yang merupakan topik utama/judul, contoh Diskon sepatu 30 %.
Explanation
Berisi mengenai
penjelasan dari iklan tersebut.
Contoh Advertisement :